Kamis, 03 Februari 2011

Bahan Ajar : Melakukan Komunikasi Bisnis - spektrum 2010

Pelajaran Kejuruan
Program Keahlian Pemasaran dan Akuntansi
ditulis Oleh :Drs. Pondang Manurung
Guru SMK Negeri 6 Medan
 Kompetensi Dasar : Menggunakan Media Komunikasi Yang Tersedia
Topik Pelajaran : Media Komunikasi

A. Pentingnya Media Komunikasi


Dalam penyampaian komunikasi bisnis, dirasa amat penting menggunakan media. Media adalah suatu alat bantu di dalam menyampaikan pesan kepada komunikan atau audiens. Berhasil tidaknya pesan yang akan disampaikan oleh komunikator, penggunaan media mempunyai peran amat besar. Sejarah penggunaan media dalam berkomunikasi, pada awalnya digunakan media masih sangat sederhana, seperti asap dan burung merpati. Sejalan dengan meningkatnya kemajuan teknologi dan pengetahuan, media komunikasi tumbuh dengan pesat sesuai kebutuhan tingkat sosial budaya masyarakat. Dengan peningkatan media komunikasi hubungan kerjasama antar bangsa semakin meningkat. Demikian juga dengan peningkatan kegiatan ragam organisasi, termasuk lembaga dunia bisnis. Tidak sedikit manusia terbantu dengan pemakaian media dalam berkomunikasi.

Pada kegiatan bisnis, media yang dapat digunakan dalam membangun dan menjalin hubungan dengan mitra pelanggan, seperti tayangan televisi, siaran radio, surat, telefon, media cetak dan pengeras suara. Sekalipun saluran komunikasi di bangun secara lisan, tetapi mengingat perkembangan komunitas manusia, media komunikasi tidak hanya digunakan pada penyampaian pesan secara lisan saja juga secara tertulis. Alasannya, pesan harus disampaikan dengan segera.
Pada komunikasi bisnis, dominan informasi/pesan tersebut disampaikan dengan menggunakan media. Misalnya dalam penyampaian laporan keuangan usaha, para pengusaha menyampaikannya secara tertulis. Karena penyampaian laporan secara lisan terlalu rumit untuk dijelaskan dan sulit untuk diingat dalam jangka waktu tertentu. Pemilihan media komunikasi bisnis, juga dapat ditentukan akan subjek yang akan disampaikan. Semisal, Perusahaan PT. AMAL akan mengkomunikasikan produk barunya kepada calon pelanggan. Media apakah yang cocok digunakan ? menjawab pertanyaan ini, kita harus memperhatikan subjek atau sifat produk yang akan digunakan oleh pelanggan, yaitu apakah penggunaannya bersifat menyeluruh atau luas di masyarakat ?. kalau sifat penyebarannya secara luas, ada dua media yang menjadi pilihan, yaitu televisi dan siaran radio. Analisa ini perlu diperhatikan dengan mengingat biaya dan kemampuan media menjangkau ke seluruh pelosok masyarakat atau audiens.

Mengingat peran media sangat begitu besar, maka media berfungsi terhadap :
1. Memperjelas dan mempercepat pesan.Bagi penjual mengkomunikasikan pesan dengan cepat, untuk itu penyampaian dapat melalui lisan kepada calon pelanggannya. Agar suara itu dapat banyak didengar oleh orang banyak maka diperlukan alat pengeras suara, sehingga maksud yang akan disampaikan dapat didengar, dipahami dan pada akhirnya menyetujui sebagai sasaran akhir penyampaian pesan.
Apabila pesan itu dilakukan dengan cara tertulis, maka pembuatan pesan dapat memilah-milah media sesuai tujuan dan audiens pesan yang akan disampaikan. Suatu contoh, bilamana pesan itu sifatnya hanya sebagai pemberitahuan adanya penundaan keberangkatan pesawat, maka informasi itu cukup dibuat tertulis dan ditempel dekat loket penjualan tiket, sehingga calon pelanggan dapat lebih mudah mengetahui informasi adanya penundaan.
2. Mendekatkan komunikator dengan komunikan.Dewasa ini para pelaku usaha tidak perlu mendekati langsung calon pelanggan setiap hari atau setiap saat dengan sangat dekat. Tetapi dengan kehadiran media elektronik para pelaku sudah dapat menyampaikan pesan berkali-kali. Seperti penyampaian reklame melalui media televisi dan radio yang dapat mendekatkan hubungan antara pelaku usaha dengan calon pelanggan.
3. Memberitahukan dan mengingatkan.Fungsi media sebagai alat komunikasi binsis dapat digunakan pada produk-produk tertentu contohnya seperti : mengingatkan adanya bahaya (  ), pemberitahuan (  ), peringatan (  ), dan tulisan lain yang menunjukkan sebuah informasi yang dapat dipahami oleh orang banyak


B. Teknologi Dalam Komunikasi

Seperti telah diuraikan terdahulu, bahwa setiap orang termasuk lembaga bisnis melakukan komunikasi secara lisan dan tulisan. Dalam komunikasi lisan, informasi disampaikan dengan menggunakan suara, baik tanpa media maupun menggunakan media. Contoh komunikasi lisan tanpa menggunakan media dapat dilakukan dengan percakapan secara langsung dan atau berpidato. Berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan media dapat dilakukan, seperti berbicara melalui telefon, berceramah dan atau mendengar melalui televisi atau radio.

Dewasa ini kemajuan telekomunikasi sangat memiliki peran besar dalam membantu proses penyampaian infomasi/pesan kepada si penerima atau komunikan. Saat ini semua pelaku usaha (bisnisman) telah terlibat dalam penggunaan media untuk berkomunikasi. Media paling populer saat ini adalah komputer dengan penggunaan software internet yang mampu menjelajah seluruh belahan dunia dalam melakukan transaksi.

Komunikasi lisan dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilakukan seperti berikut :
1. Teleconference.

2. Presentation.

Komunikasi tertulis biasanya informasi/pesan tersebut akan didokumentasikan. Mendokumentasikan pesan dapat dilakukan dengan cara tulis tangan, mesin tik, printer atau mencetak atau dengan menggunakan teknologi internet ( e-mail ). Saat ini hampir seluruh perusahaan besar dan kecil telah menggunakan media komunikasi berupa komputer sebagai media tulis dan bahkan memiliki web side ( situs ) dan e-mail/facebook. Dokumen yang telah ditulis pada komputer, lalu dicetak dengan menggunakan alat bantu printer. Dengan menggunakan media komputer seluruh atau sebagian pesan dapat disimpan pada hardisk dan pencetakan dapat dilakukan secara berulang. Dengan adanya peralatan komputer ini, maka sebagian pekerjaan dalam penyampaian pesan dapat terbantu dari segi kecepatan dan ketepatan pembuatan, penyimpanan dan penyampaian


C. Pengaruh Teknologi Dalam Komunikasi

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah meningkatkan perubahan komunikasi dalam dunia bisnis dan kegiatan lainnya. Pemakaian teknologi dalam kegiatan komunikasi dapat mempengaruhi secara positif dan negatif, hal ini tergantung kepada pengguna media itu sendiri. Dalam pelajaran ini, kita tidak akan membahas pengaruh teknologi secara negatif pada komunikasi.
Dalam pelajaran ini kita akan membicarakan manfaat teknologi dan bagaimana kelemahan teknologi itu dalam berkomunikasi.
1. Manfaat teknologi dalam berkomunikasi.

2. Kelemahan teknologi dalam berkomunikasi.


materi baca selengkapnya dalam Diktat penulis

donasi Rp 20,000,000
mmaspon@yahoo.co.id - mmaspon@Gmail.com
081-2645-9374                                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar